· INOVASI TENTANG TEKNIK BRAINSTORMING
1.
Nama Inovasi : Teknik Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming)
2.
Wujudnya :
CARA
3.
Kegunaanya :
-
Untuk merangsang dan mengumpulkan
gagasan-gagasan sebanyak mungkin dari partisipan.
-
Mendorong munculnya sebanyak mungkin
gagasan-gagasan menjadi gagasan yang kreatif.
4.
Cara Kerjanya :
Brainstorming dilakukan dengan
diskusi, diskusi dimaksudkan untuk membahas sebuah gagasan bahkan mengambil
keputusan/kesepakatan tentang sesuatu hal melainkan mendorong munculnya
sebanyak mungkin gagasan-gagasan baru dan kreatif dari peserta diskusi yang
dalam hal ini adalah peserta didik.
5.
Cara Menggunakannya :
Pimpinan diskusi atau dalam hal ini
pendidik pertama-tama mengetengahkan sebuah kasus atau masalah kepada
partisipan yang mayoritas peserta didik, kemudian member kesempatan yang
leluasa kepada partisipan atau peserta didik untuk menyumbangkan
pemikiran-pemikiran yang terkait dengan masalah tersebut. Semua pemikiran
haruslah merupakan gagasan yang relevan, sehingga tidak ada tempat untuk
gagasan yang tidak relevan. Gagasan-gagasan yang muncul dicatat di papan tulis
atau ditulis di computer atau di atas kertas untuk diidentifikasi. Setelah
kegiatan Curah Gagasan mengalami kejenuhan, barulah pendidik atau pengajar
mengarahkan partusipan atau peserta didik untuk mengklasifikasikan
gagasan-gagasan tersebut dari segi substansinya. Terakhir partisipan atau
peserta didik diajak untuk menetapkaan skala prioritas menurut tingkat
kelayakan gagasan tersebut sebagai solusi untuk masalah yang sedang
didiskusikan bersama. Teknik ini dapat mewujudkan harmoni dan sinergi yang
sangat bermanfaat bagi kelompok atau institusi, namun demikian tentu hal ini
membutuhkan kelihaian moderator atau fasilitator dalam memimpim prosesnya agar
energy partisipan atau peserta didik terhargai dan betul-betul membuahkan hasil
yang ditargetkan.
6.
Sumber Inovasi
Brainstorming adalah teknik pembelajaran
mutakhir untuk pendidikan terutama PLS yang mayoritas warga belajarnya orang
dewasa, hal ini karena orang dewasa sudah mempunyai konsep diri yang kuat dan
pengalaman-pengalaman yang bisa saling dishare-kan dengan warga belajar yang
lain. Penyebar inovasi teknik pembelajaran ini belum diketahui jelas pasti
siapa karena ide. Keputusan dan caranya muncul saja dengan kebiasaan-kebiasaan
dalm pembelajaran orang dewasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar